Islam telah menganggap kucing sebagai binatang bersih yang dekat dengan manusia dan harus disayangi, karena Rasulullah saw juga memelihara dan menyayangi kucing.


إِنَّهَا لَيْسَتْ بِنَجَسٍ إِنَّهَا مِنَ الطَّوَّافِينَ عَلَيْكُمْ وَالطَّوَّافَاتِ

“Kucing ini tidaklah najis. Sesungguhnya kucing merupakan hewan yang sering kita jumpai dan berada di sekeliling kita.” (HR. At Tirmidzi, Abu Daud, An Nasa’i, Ibnu Majah, Ad Darimi, Ahmad, Malik).

Kucing telah berasosiasi dengan kehidupan manusia sekurangnya sejak 3500 tahun yang lalu. Ketika itu orang Mesir kuno telah menggunakan kucing untuk mengusir hama tikus dan hewan pengerat lainnya dari hasil panen mereka. Namun, di dunia ini hanya terdapat 1% populasi kucing yang termasuk galur murni atau kucing ras. Sisanya adalah kucing hasil pencampuran dari berbagai ras atau biasa yang kita sebut sebagai kucing kampung. Karena itu, kucing ras termasuk kucing yang paling sering dicari dan mahal harganya. Dirumah ane ada seekor anak kucing kampung yang didapat dari jalanan setelah sengaja dibuang oleh pemiliknya. Kami kasih nama Emaw karena diadopsi tepat pada bulan Maulid sekitar setengah tahun yang lewat. Banyak sekali keunikan kucing sehingga posting kali ini khusus tentang kucing yang ane ketahui dari berbagai referensi. Berikut fakta-fakta tentang kucing:

  1. Abdurrahman bin Sakhr Al-Azdi, diberi julukan Abu Hurairah (bapak para kucing jantan) karena kegemarannya dalam merawat dan memelihara berbagai kucing jantan dirumahnya.
  2. Air untuk wudhu yang telah dijilati kucing tetap suci karena kucing termasuk perhiasan rumah tangga yang tidak dikotori sesuatu, bahkan tidak ada najis.
  3. Baybars Al Zahir, seorang sultan dari dinasti Mamluk yang terkenal tegas dan berani ternyata sangat menyayangi kucing, bahkan sengaja membangun taman-taman khusus bagi kucing.
  4. Berbagai sumber yang dapat dipercaya dan hasil penelitian laboratorium menyimpulkan bahwa kucing tidak memiliki kuman dan mikroba. Liurnya bersih dan membersihkan. Jikapun ada kuman yang ditemukan saat proses penelitian, kuman itu masuk kelompok kuman yang dianggap sebagai kuman biasa yang berkembang pada tubuh manusia dalam jumlah yang terbatas seperti, enterobacter, streptococcus, dan taphylococcus. Jumlahnya pun kurang dari 50 ribu pertumbuhan.
  5. Cakupan pandangan kucing adalah 185 derajat.
  6. Dalam kerajaan binatang, IQ kucing hanya dapat dilewati oleh monyet atau simpanse, dan ternyata kucing Anggora atau Kucing persia sangat pandai.
  7. Dalam sebuah hadist shahih, dikisahkan tentang seorang wanita yang dihukum siksa neraka karena tidak pernah memberi makan kucingnya, dan tidak pula melepas kucingnya untuk mencari makan sendiri.
  8. Denyut nadi kucing normal antara 110-170 denyutan per menit, jika ingin melakukan pengecekan denyut nadi lakukan di paha belakang di bagian sendi yang menghubungkan kaki dengan tubuh kucing.
  9. Di beberapa hadits, Nabi menekankan bahwa kucing itu tidak najis, bahkan diperbolehkan untuk berwudhu menggunakan air bekas minum kucing karena dianggap suci.
  10. Di Indonesia, suara kucing sering ditulis dengan kata “Meong”.  Dalam bahasa Inggris yang digunakan di Amerika, suara kucing sering ditulis dengan “Meow”. Di negara Inggris sendiri, suara kucing ditulis “Miaow”.
  11. Di penjara zionis-israel, ada seekor kucing Palestina yang dijebloskan ke dalam sel khusus karena dianggap menjadi penghubung di sel isolasi di kamp tahanan pejuang-pejuang Palestina di Negev. Kucing tersebut membantu para tahanan dengan membawa barang-barang ringan seperti surat, roti dan lainnya dari satu sel ke sel lain selama berbulan-bulan, sebelum akhirnya ketahuan.
  12. Dokter hewan di rumah sakit hewan Damaskus, Sa’id Rafah menegaskan bahwa kucing memiliki perangkat pembersih yang bemama lysozyme.
  13. Dr. Gen Gustafsirl menemukan bahwa kuman yang paling banyak terdapat pada anjing, Manusia 1/4 anjing, kucing 1/2 manusia.
  14. Jenis yang paling kecil adalah kucing berbulu bintik-bintik yang ditemukan di Sri Lanka. Ukurannya setengah ukuran kucing kampung. Sedangkan kucing yang terbesar adalah seekor harimau. Harimau jantan Siberia atau harimau Amur mempunyai panjang badan keseluruhan lebih dari 3m (10 ft) dan berat badan hingga 300kg (660 lb).
  15. Jika ente butuh sinar UV untuk melihat, pakai saja kencing kucing karena kencing mereka menyala dalam gelap.
  16. Kaum sufi percaya bahwa dengkuran nafas kucing memiliki irama yang sama dengan dzikir kalimah Allah.
  17. Kelenturan tubuh kucing sangat menakjubkan, kaki depannya dapat diputar ke segala arah dan setengah bagian tubuhnya dapat bergerak ke arah yang berlawanan.
  18. Kemampuan indera penciuman kucing kampung 14 kali lebih kuat daripada penciuman manusia.
  19. Ketika kucing minum, tidak ada setetes pun cairan yang jatuh dari lidahnya.
  20. Kucing (Felis silvestrid-catus), terutama kucing rumah adalah salah satu hewan predator paling hebat di dunia. Kucing ini mampu membunuh dan atau memakan beberapa ribu species, mengalahkan kucing besar (seperti singa, harimau, dan sejenisnya) yang hanya mampu memangsa kurang dari 100 species . Namun karena ukurannya terbilang kecil, maka tidak berbahaya bagi manusia. Namun tetap saja sangat berbahaya apabila kucing ini terinfeksi rabies.
  21. Kucing biasanya memiliki berat badan antara 2,5 hingga 7 kg dan jarang melebihi 10 kg, kecuali diberi makan berlebih, sehingga si pussy bisa mencapai berat badan 23 kg.
  22. Kucing dapat melompat ke ketinggian 5 kali tinggi badannya.
  23. Kucing dapat menyimpan energi dengan cara tidur lebih sering ketimbang hewan lain. Lama tidur kucing bervariasi antara 12 – 16 jam per hari, dengan angka rata-rata 13 – 14 jam. Tapi tidak jarang dijumpai kucing yang tidur selama 20 jam dalam satu hari.
  24. Kucing dengan bulu putih dan mata biru biasanya terlahir tuli, walaupun begitu indera lain mereka berkembang sebagai gantinya.
  25. Kucing kampung dapat lari dengan kecepatan 31 mil per jam.
  26. Kucing kampung dapat mendengar frekswensi suara hingga 65 kHz, sedangkan manusia hanya 20 kHz.
  27. Kucing kampung mendengkur setiap 26 kali per detik, sama dengan frekwensi mesin disel dalam keadaan idle (tidak sedang bekerja).
  28. Kucing langka yang terancam kepunahan di muka bumi adalah kucing mirip musang di Malabar, Asia, hanya terdapat sekitar 250 ekor yang berjuang dari kepunahan. Bahkan Kucing Iriomote, ditemukan di kepulauan Jepang Iriomotejima dengan jumlah kurang dari 100 ekor.
  29. Kucing lebih mungkin selamat jika terjatuh dari lantai 20 daripada lantai 7. Alasannya karena kucing membutuhkan waktu setara dengan 8 tingkat untuk menyadari apa yang terjadi, tenang dan membetulkan posisinya.
  30. Kucing melangkah dengan kedua kaki kirinya, sedangkan pada saat berlari menggunakan kedua kaki kanannya. Satu-satunya binatang lain yang melakukan hal ini adalah jerapah dan onta.
  31. Kucing memiliki 230 tulang, yaitu 24 kali lebih banyak dari manusia.
  32. Kucing memiliki 30 ruas tulang belakang, yaitu 5 kali lebih banyak dari manusia.
  33. Kucing memiliki indera penciuman 20-80 juta sel olfactory, sedangkan manusia hanya 5-20 juta.
  34. Kucing memiliki mata terbesar dibandingkan dengan mamalia lainnya (dalam hubungannya dengan besarnya tubuh).
  35. Kucing memiliki sekitar 30 gigi dalam mulutnya.
  36. Kucing memiliki system syaraf yang sangat sensitive.
  37. Kucing menarik nafas sebanyak 20-40 kali per menit.
  38. Kucing merespon panggilan wanita lebih baik dari pada pria, mungkin karena suara wanita memiliki puncak yang lebih tinggi.
  39. Kucing termasuk hewan yang sangat bersih. Mereka sering merawat diri dengan menjilati rambut mereka. Saliva atau air liur mereka adalah agen pembersih yang kuat. tapi dapat memicu alergi pada manusia. Kadangkala kucing memuntahkan semacam hairball atau gulungan rambut yang terkumpul di dalam perutnya.
  40. Kucing tidak dapat melihat pada kegelapan total, akan tetapi ketajaman matanya pada malam hari sangat baik. Mata kucing memiliki lapisan perefleksi cahaya yang disebut tapetum yang dapat berfungsi untuk memperkuat cahaya yang masuk retina.
  41. Kucing tidak memiliki collarbone, sehingga memungkinkan masuk melewati celah selebar kepalanya.
  42. Kucing tidak suka air karena air merupakan tempat yang sangat subur untuk pertumbuhan bakteri, terlebih pada genangan air (lumpur, genangan hujan, dll)
  43. Kucing tidur paling lama diantara binatang lainnya, sekitar 16 jam.
  44. Kucing yang besar tidak selalu pemberani.
  45. Kumis pada kucing sangat sensitif dan dapat merasakan perubahan tekanan udara bahkan yang kecil sekalipun. Kemampuan ini membuat kucing dapat menggunakannya sebagai penuntun alternatif untuk bergerak dalam kegelapan ketika ia tidak dapat melihat.
  46. Lidah kucing merupakan alat pembersih yang paling canggih, permukaannya yang kasar bisa membuang bulu-bulu mati dan membersihkan bulu-bulu yang tersisa di badannya.
  47. Mengelus kucing bisa menurunkan tingkat stress.
  48. Menurut Dr. George Maqshud, ketua laboratorium di Rumah Sakit Hewan Baitharah, jarang sekali ditemukan adanya kuman pada lidah kucing. Jika kuman itu ada, maka kucing itu akan sakit.
  49. Mulai dari Damaskus, Istanbul, hingga Kairo, kucing yang berkeliaran di pojok-pojok masjid tua disediakan berbagai macam makanan oleh penduduk setempat.
  50. Nabi Muhammad SAW memiliki seekor kucing yang diberi nama Mueeza, ia selalu mengeong ketika mendengar azan, suaranya seolah-olah terdengar seperti mengikuti lantunan suara adzan.
  51. Orang yang alergi terhadap kucing pada umumnya alergi terhadap air liur kucing.
  52. Pada 3000 tahun yang lalu, di Mesir kucing dianggap sebagai titisan dewa, sedangkan di Eropa kucing dianggap sebagai sihir setan atau pembawa bencana.
  53. Pada abad 13 rupa kucing dijadikan sebagai ukiran cincin para khalifah, termasuk porselen, patung hingga mata uang.
  54. Pada kulit kucing terdapat otot yang berfungsi untuk menolak telur bakteri, otot itu juga dapat menyesuaikan dengan sentuhan otot manusia.
  55. Pada mata kucing ada lapisan pemantul cahaya yang dinamakan tapetum lucidum, yang menyebabkan mata kucing berpendar di malam hari. Lapisan pemantul ini dapat menyerap cahaya 6 kali lebih kuat daripada mata manusia, yang memungkinkan kucing untuk dapat melihat di kegelapan.
  56. Pada saat kucing berumur 6 bulan, itu setara dengan 10 tahun usia manusia.
  57. Pada sebuah penelitian kedokteran dan percobaan yang telah di lakukan di laboratorium hewan, disimpulkan bahwa kucing lebih bersih daripada manusia karena badan kucing bersih secara keseluruhan.
  58. Para dokter muslim tempo dulu menjadikan kucing sebagai terapi medis untuk penyembuhan tulang melalui dengkuran suaranya yang setara dengan gelombang sebesar 50 hertz. Sehingga dengkuran tersebut menjadi frekuensi optimal dalam menstimulasi pemulihan tulang.
  59. Pendengaran kucing lebih sensitif dari manusia dan anjing. Batas pendengaran kucing 65 khz, sedangkan manusia 20 khz.
  60. Percaya atau tidak, di abad pertengahan kucing dianggap berasosiasi dengan penyihir dan sering dibunuh dengan cara dibakar dan dilempar dari tempat tinggi. Sejumlah ahli sejarah percaya bahwa wabah Black Death atau wabah pes menyebar dengan cepat di Eropa pada abad ke-14 akibat tahyul itu. Hal itu disebabkan banyaknya pembunuhan kucing yang dilakukan sehingga meningkatkan populasi tikus yang membawa wabah pes tersebut.
  61. Permukaan lidah kucing tertutupi oleh berbagai benjolan kecil yang runcing, benjolan ini bengkok mengerucut seperti kikir atau gergaji, bentuk ini sangat berguna untuk membersihkan kulit.
  62. Rasulullah saw pernah memotong lengan jubah beliau yang masih ditiduri seekor kucing hanya karena tidak ingin membangunkannya.
  63. Rata-rata umur kucing 15-16 tahun. Dalam penangkaran, kucing dapat hidup selama 15 hingga 20 tahun, dimana kucing tertua pernah diketahui berusia 36 tahun! Kucing liar yang hidup di lingkungan urban modern hanya mampu hidup selama 2 tahun atau bahkan kurang dari itu.
  64. Semua kucing berjalan dengan jinjit, termasuk kucing anggora atau kucing persia.
  65. Setiap kali Rasulullah saw menerima tamu, beliau selalu menggendong "Mueeza" kucing kesayangan beliau dan ditaruh di paha.
  66. Setiap kucing memiliki nose pad yang sangat khas, sehingga tidak akan penah ada dua kucing yang memiliki sidik hidung yang sama.
  67. Siti Aisyah, istri nabi sangat menyayangi kucing dan merasa amat kehilangan dikala ditinggal pergi oleh si kucing.
  68. Suhu tubuh kucing normal 102 F atau 38.8 C.
  69. Telah dibuktikan secara ilmiah bahwa mengelus-elus kucing merupakan salah satu cara menurunkan tekanan darah kita.
  70. Ternyata kucing itu bermimpi dan kentut juga, suka iseng makan serangga seperti kecoak tapi habis itu dimuntahkan, bisa diajarin pup di kamar mandi, kalau dari kecil diajak canda terus besarnya jadi hiperaktif, makanya kalau tidak suka tangan dicakar kucing jangan pernah mengajak canda pakai tangan.
  71. Untuk menentukan kesetaraan umur kucing dengan umur orang, mulailah dengan 20 tahun sebagai umur tahun pertama kucing, kemudian tambahkan 4 tahun umur manusia untuk setiap umur tahun kucing. Sebagai contoh : Jika kucing ente berumur 4 tahun berarti umurnya setara dengan 20 tahun (untuk umur 1 tahun) ditambah 3 x 4 tahun, yaitu setara dengan umur 32 tahun pada orang.
  72. Walaupun kucing memiliki 5 jari di kaki depan, mereka hanya mempunyai 4 jari pada kaki belakang. Namun pada beberapa kucing dapat terlahir dengan jari banyak sampai 7 bahkan dengan tulang tambahan.
  73. Yang menjadi faktor tidak adanya kuman pada tubuh kucing karena ia sangat menjaga kestabilan kehangatan tubuhnya sehingga kucing tidak banyak berjemur dan tidak dekat-dekat dengan air, tujuannya agar bakteri tidak berpindah kepadanya
  74. Zaman dahulu kucing dipakai untuk terapi, dengkuran kucing yang 50Hz baik buat kesehatan.

  75. Ini adalah kucing terkecil di dunia berusia 2 tahun dan terdapat di pusat Illinois, kucing ini memiliki berat sekitar tiga pon saja dan merupakan kucing terkecil yang masuk Guinness Book of World Records pada tahun 2004.


7 comments:

  1. Baru tahu kalo dengkuran kucing itu erdzikir kepada Allah hehe :D nice info, visit juga www.ipb.ac.id

    ReplyDelete
  2. Kucing ane kakinya bau, itu gara2 apa ya gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kwkwkw abis injak poop kali :v

      Delete
    2. Abis nginjak ee ayam kali :v

      Delete
  3. banyak banget ya fakta kucing. jadi semakin mengenal kucing pliharaanku.

    ReplyDelete

JOIN US