Tidak dipungkiri bahwa Facebook saat ini merajai dunia maya khususnya jejaring sosial, dalam waktu 8 tahun Facebook cepat dikenal orang. Jika Twitter memiliki lebih dari 300 juta pengguna diseluruh dunia, maka Facebook memiliki lebih dari 800 juta pengguna dan menempati posisi 2 di Alexa Rank setelah Google, disusul posisi 3 oleh Youtube.


Di tanah air kehadiran jejaring sosial tersebut telah mendapat respon positif, bahkan seolah menjadi pelengkap kebutuhan hidup. Keberhasilan inilah yang membuat para developer muda Indonesia terpacu untuk membuat jejaring sosial ala negeri sendiri. Bahkan yang terbaru Jejaring Sosial Bertemakan Ayo Bangkit Indonesia akan launching tanggal 17 Agustus 2012, seperti yang ane posting sebelumnya.

Berikut daftar situs Jejaring Sosial buatan Indonesia:


  1. AYOBAI.com
    Ane salah satu pendukung situs ini, karena AYO BAngkit Indonesia atau AYOBAI adalah situs jejaring sosial yang dibuat oleh anak bangsa yang memiliki misi untuk membuat Indonesia lebih baik diawali dari dunia maya. Menurut pencetusnya Afdoli, AYOBAI adalah situs Jejaring sosial ber-Wawasan Nasional dan menjadi milik kita bersama bagi masyarakat Indonesia. Launcing pada Hari Jum’at tanggal 17 Agustus 2012/28 Ramadhan 1433H pukul 10.00 WIB, dimana Pra launching pada tanggal 19 Maret 2012.

  2. ADATUH.com
    Adatuh hampir sama dengan SosMed lain, tampilannya cukup sederhana namun cukup menarik. Secara fitur hampir sama dengan Fitur yang ada di FB walaupun tidak sebanyak fitur FB. Tapi fitur Forum pada Adatuh menjadi nilai plus baginya.

  3. CATCHFRIEND.com
    CF merupakan situs jejaring socsial yang tergolong simple dalam penampilan tapi kaya akan fungsi, bahkan disini ada page khusus untuk bisnis, namun sangat sulit untuk menjalin relasi di CF yaitu kita harus mencari member tidak seperti situs-situs jejaring social yang sudah saya sebutkan sebelumnya CF tidak menampilkan siapa saja user yang online ataupun memberitahukan siapa saja yang baru bergabung.

  4. CYBERCITYINDONESIA.com
    jejaring sosial cita rasa lokal dengan fitur yang bisa dikatakan lengkap. Fitur yang disediakan CyberCity Indonesia seperti sharing file, music, artikel, E-learning, berita, forum, toko online, dan fitur lain layaknya Twitter dan Facebook.
    Selain fitur diatas, ada fitur unik seperti foto profile yang bisa di ganti dengan animasi dengan cara edit my profile serta akan di kembangkan sistem point untuk kreatifitas dan invoasi dan partisipasi masing-masing member, termasuk selain itu bisa juga like akun tersebut untuk menjadi follower seperti fungsi Twitter.

  5. DIGLI.com
    Situs pertemanan dengan rasa Indonesia dimana seluruh pengguna digli bisa berinteraksi satu sama lain sehingga membentuk sebuah aktifitas bersosialisasi.Lebih mudah mendapatkan teman dengan digli , para pengguna bisa lebih mudah mendapatkan teman-teman baru karena di sini para pengguna digli lebih mudah mengakrabkan diri dengan pengguna lainnya. Selain itu, berbagai fasilitas yang tersedia sangat mendukung para penggunanya untuk menjalin komunikasi dengan pengguna-pengguna lainnya,kalau dalam penilaian situs ini menggabungkan antara facebook dengan kaskus.

  6. DVERS.com
    Situs jejaring sosial yang mau menggabungkan unsur pertemanan dengan e-commerce dalam satu tempat dan terintegrasi juga menyediakan hampir semua fasilitas yang disediakan oleh jejaring sosial seperti unggah foto, update status, tambah teman, fasilitas blog/notes, termasuk events, group dan chat bahkan ada juga fasilitas check-in Situs jejaring yang hampir mirip dengan twitter dan facebook, atau bisa di katakan paduan antara keduanya.Disini kita bisa belaja di toko toko online, ada elektronik, sport, game dan masih banyak lagi.

  7. FUPEI.com
    Situs pertemanan asli Indonesia yang digagas oleh Sanny Gaddafi. Mungkin ini masih satu-satunya situs pertemanan asli Indonesia.
    Kenapa dinamakan fupei??
    Fupei adalah kepanjangan dari Friends Uniting Program Especially Indonesian.
    Dari namanya aja dah ketahuan situs ini memang asli Indonesia. Sejak 2004 Fupei terus mengembangkan situsnya. Hingga saat ini Fupei mempunyai member lebih dari 120.000 orang. Mungkin ketika anda masuk dan register akan terlihat seperti Facebook. Tapi Fupei memiliki kelebihan lain yaitu salah satunya berbahasa Daerah Indonesia. Lahirnya Fupei dikarenakan ketertarikan Sanny Gaddafi dan Fu Marlinda membuat jejaring sosial seperti Friendster yang populer pada saat itu. Ketika itulah muncul ide. Dibantu para membernya Sanny Gaddafi mengembangkan situsnya hingga seperti yang saat ini. Fupei juga mempunyai aplikasi untuk pc yaitu toolbar yang memungkinkan untuk mengupdate status.

  8. HELLOICU.com
    Sebuah website yang diperuntukan bagi para pecinta social network yang interaktif dan juga inovatif. Keunggulan dari helloicu.com ialah terletak pada sistem chatting-nya yang menggunakan variasi avatar dan juga room yang dapat di-customize sesuai dengan keinginan user-nya.
    Selain memicu kreativitas user untuk ‘customize his or her avatar and room’, helloicu.com pun menyediakan sarana terbaik kepada user untuk mengenal dan menjalin relasi dengan banyak orang. helloicu.com mempermudah sesama user untuk saling berkomunikasi dan berkenalan dengan siapa pun.
    helloicu.com memperbolehkan penggunanya untuk mengetahui secara langsung dan berkomunikasi dengan siapa pun yang saat itu sedang online di seluruh dunia (tidak lagi menggunakan sistem ‘add as friend’). Namun, tatkala setiap user membutuhkan adanya privacy, maka dari itu helloicu.com pun serta merta menyediakan fasilitas “lock room” bagi para user untuk melakukan obrolan pribadinya.

  9. HISTOREE.com
    Situs layanan Social Story Network yang memberikan gaya hidup baru kepada para penggunanya untuk menuliskan dan mengabadikan setiap kisah atau kejadian-kejadian penting yang dialami setiap saat.

  10. INDOFACE.com
    Disitus pertemanan ini disediakan beberapa fitur diantaranya blog,my voice,vote dan kalau Anda ingin menjual barang atau mempromosikan sesuatu di IndoFace disediakan layanan pasang iklan gratis.Bagi Anda yg mempunyai bisnis online mau pun offline bisa mempromosikannya disini. Menurut informasi setiap aktifitas di IndoFace seperti login,upload foto maupun mp3 dan kasih komentar akan mendapatkan poin,yang kalau sudah mencukupi poin tersebut bisa ditukar dengan barang elektronik seperti ponsel atau barang elektronik lainnya yg sudah disediakan pihak IndoFace.

  11. KASKUS.us
    Kaskus adalah situs forum komunitas maya terbesar dan nomor 1 Indonesia dan penggunanya disebut dengan Kaskuser. Kaskus lahir pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan, yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Situs ini dikelola oleh PT Darta Media Indonesia. Kaskus memiliki lebih dari 3,4 juta pengguna terdaftar. Pengguna Kaskus umumnya berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa yang berdomisili di Indonesia maupun di luar Indonesia.
    Kaskus, yang merupakan singkatan dari Kasak Kusuk, bermula dari sekedar hobi dari komunitas kecil yang kemudian berkembang hingga saat ini. Kaskus dikunjungi sedikitnya oleh 900 ribu orang, dengan jumlah page view melebihi 15.000.000 setiap harinya.

  12. KAYAKIYE.com
    Situs jejaring sosial yang ditujukan bagi komunitas ngapak (Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Kebumen, Tegal, Brebes, Pemalang dan Sekitarnya). Situs ini mirip dengan facebook dan salingsapa, hanya bahasanya saja yang beda, yaitu pake bahasa “Ngapak”.

  13. KIDNETMANIA.com
    KID Net yang berarti Kerja Input file dot Net merupakan produk asli Indonesia, yang membuat wadah bagi anda yang menginginkan pendapatan tambahan melalui internet, ribuan orang sudah bergabung, saat ini sudah masuk 3000-an member lebih. Tugas member kid net adalah sebagai staff data entry dan akan mendapat komisi dari pekerjaan yang dia lakukan. Saat ini KID NET sudah tidak menerima member lagi, kecuali melalui jalur khusus (bayar) dan hanya akan membuka pendaftaran diwaktu-waktu tertentu.

  14. KOMBES.com
    Secara penampilan dan fungsinya hampir mirip dengan FaceBook, hanya ada beberapa perbedaan tampilan yang ditonjolkan dan situs ini memang kebanyakan anggotanya dari lokal Indonesia saja. Banyak terdapat iklan yang terpampang diatas dan di bawah halaman, berbeda dengan FB yang free dari iklan-iklan yang ada. Tapi bagaimanapun juga kita harus tetap salut dengan si pembuat yang sudah bisa 'memodifikasi' beberapa jejaring sosial lainnya dan dipadukan serta diramu sehingga bisa menghasilkan Kombes.Com ini.

  15. KONGKOOW.com
    Situs jejaring sosial bercitarasa lokal yang menyediakan fasilitas sangat lengkap seperti akun email, file sharing, video streaming, dan blogging.

  16. KOPROL.com
    Ini dia situs pertemanan asli buatan orang Indonesia, Koprol. Ya, koprol didirikan dan dikembangkan oleh orang-orang Indonesia, yaitu Satya Witoelar, Fajar Budiprasetyo, Daniel Armanto yang juga selaku Chief Executive Officer. Kini koprol diakuisisi oleh Yahoo, sehingga namanya menjadi Yahoo! Koprol. Koprol merupakan jejaring sosial bedasarkan lokasi kota-kota di Indonesia. Ada 17 kota besar di Indonesia yang dapat menikmati aplikasi Koprol termasuk Papua serta 3 kota mancanegara seperti Singapore, Houston dan Indianapolis. Sambutan masyarakat terhadap kemunculan Koprol sangat baik, hal ini dapat dilihat dari pengguna Koprol yang telah mencapai lebih dari 80 ribu pengguna.

  17. LILOCITY.com
    (Little Online) dikembangkan sebagai medium berkumpul anak muda yang berkonsep Virtual World Society (VWS).LiLOCity.com juga merupakan dunia virtual online berbasis 3D yang dibuat untuk kamu yang ingin berekspresi dan juga bersosialisasi secara online dengan cara yang berbeda. Di sini Anda bisa membuat avatar sendiri, bermain game, hingga berkumpul dengan komunitas dengan cara membuat TRIBE bersama.

  18. PASEBAN.com
    Paseban adalah Social Network asli Indonesia yang memberikan kemudahan bagi member untuk berkomunikasi dengan sesama member lainnya melalui aplikasi dan fitur yang ada dalam Social Network tersebut. Beberapa aplikasi yang telah diperkenalkan antara lain pesan singkat gratis (sms), Paseban Mesenger, Paseban Polling, Paseban Portal, dan aplikasi latihan online SMPTN dan UN untuk komunitas pelajar Sekolah Menengah Atas, merupakan produk edukasi Paseban sebagai wujud kepedulian terhadap dunia Pendidikan di Indonesia. Semua aplikasi dikembangkan sendiri oleh para developer Indonesia.

  19. SALINGSAPA.com
    Situs jejaring sosial local yang mengadopsi gaya facebook. Situs jejaring sosial yang bisa di gunakan sebagai sarana komunikasi dan berbagi seperti halnya Facebook. Salingsapa.com merupakan sebuah situs jejaring sosial dengan karakter islami.

  20. SIXREPS.com
    SR tampilan Login Pagenya mirip dengan Fupei sementara setelah login tampilannya berubah hampir mirip seperti TJ walaupun secara fitur tidak sama, SR ditujukan untuk mereka yang menyukai olahraga dan sebangsanya terutama gym, SR adalah buatan Indonesia karena dilihat dari sponsor yang terpajang dan pengguna yang kebanyakan orang Indonesia.

  21. STATUSBOOKS.com
    Jejaring Sosial buatan anak bangsa yang membawa konsep dari facebook dan twitter, statusbooks.com ini tidak lain adalah pengembangan dari sebuah group socialita paling dinamis dan terbesar di facebook regional indonesia, yaitu Statusbook Community. Didirikan oleh Andy Syoekry Amal dari Palopo Sulawesi Selatan. statusbooks.com jejaring sosial yang mengusung freedom of action serta freedom of speaks. Sepintas tampilannya mirip dengan Facebook.

  22. TALIJAGAT.com
    TJ sebenarnya telah dibeli oleh Indoface sekitar triwulan pertama 2011, dikabarkan IF melakukan perubahan besar-besaran terhadap TJ, meskipun begitu saya melihat tidak ada fitur yang membuat TJ dan IF saling terafiliasi. Secara penampilan TJ tidaklah berbeda seperti SB pada saat terjadi pemindahan server ke Jakarta (kejadian itu cukup menuai banyak protes para pengguna StatusBooks karena beberapa fitur SB menghilang, SB sempat tidak bisa diakses karena perbaikan, lalu kembali tampil dengan tampilan yang sekarang). Seperti IF yang sudah menetapkan target utama membernya begitu juga TJ yang menargetkan para pebisnis sebagai membernya oleh sebab itulah jangan kaget apabila pada Tab Publik anda tidak akan menemukan status yang berisi keseharian seperti halnya pada FB dan Twitter namun yang ada adalah orang-orang yang menawarkan afiliasi bisnis, ataupun lainnya yang berhubungan dengan kegiatan bisnis.

Banyaknya sosial media memang membawa manfaat, namun juga akan membawa kerugian bagi penggunanya apabila tidak digunakan secara bijaksana. Right? Semoga posting kali ini bermanfaat, jika sobat punya informasi terkait lainnya silahkan ditambahankan lewat komentar.

1 comment:

JOIN US