Handphone atau ponsel memang memberikan banyak manfaat bagi penggunanya, tapi bukan berarti ponsel tidak memiliki efek samping. Setiap hasil/produk dari teknologi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, tak terkecuali ponsel.


Kita sudah lama mendengar kalau radiasi yang ditimbulkan oleh ponsel dapat berdampak buruk bahkan terhadap kesehatan. Maka itu ponsel tidak bisa ditaruh ditempat sembarangan. Coba perhatikan artikel berikut, ada beberapa tempat berbahaya untuk meletakkan ponsel, yaitu:

1. Dalam Saku
Bagi para pria yg senang meletakkan ponsel di saku celana, sebaiknya dipikir ulang. Alasannya, ponsel menghasilkan paparan medan elektrostatik dan elektromagnetik yang mengakibatkan infertilitas atau ketidaksuburan (sperma) laki-laki.

2. Dekat Barang Elektronik
Jangan gunakan ponsel ketika sinyal lemah dekat dengan barang elektronik berpresisi tinggi. Barang elektronik mengeluarkan medan elektonik yang tinggi yaitu, TV, oven, kulkas, dll.. Perangkat berdaya listrik tinggi dapat merusak sirkuit ponsel terbakar.

3. Dekat Kunci Mobil
Dalam keadaan tertentu, ponsel yang digunakan dalam kendaraan akan memberikan dampak merusak terhadap peralatan elektronik kendaraan. Ponsel yang diletakkan terlalu dekat dengan kunci mobil ternyata bisa menghapus kode elektronik yang ada di kunci tersebut.

4. Dekat Komputer
Komputer dan ponsel sama-sama memancarkan gelombang elektromagnetik. Jika berada dalam jarak yang dekat, maka keduanya akan saling merusak. Tidak ingin kan langsung kehilangan dua benda favorit kita?

5. Tempat Bersuhu Tinggi
Tempat bersuhu tinggi, kelembaban tinggi, dan berdebu merupakan kumpulan musuh ponsel. Mungkin kita tidak menyadari sering menjemur ponsel di dashboard mobil, dekat jendela dan bagasi.

6. Dekat Magnet
Hindari meletakkan kartu SIM dekat magnet, karena kartu SIM berbahaya jika dekat dengan benda-benda yang mengandung magnet. Radiasi yang ditimbulkan ponsel bisa merusak floppy disk, kartu memori, dan kartu kredit.

7. Dekat Logam
Hindari ponsel dari benda logam kecil karena magnet pada speaker ponsel akan menarik benda-benda tersebut. Ponsel bisa mengalami cidera fisik/kerusakan.

8. Dekat Alat Pacu Jantung
Rumah Sakit memang bukan tempat yang baik untuk menggunakan ponsel. Selain alasan pasien butuh ketenangan, peralatan media seperti alat bantu dengar dan alat pacu jantung dapat terganggu. Jangan sampai kita membunuh orang dengan ponsel yang kita miliki.

9. Dekat Gas
Gas berbahaya karena memiliki tekanan tinggi dan mudah terbakar. Berada dengan gas yang mudah terbakar bisa mengakibatkan ponsel tidak dapat berfungsi dengan baik.

10. Daerah Basah
Rasanya kita semua sadar betapa bahayanya air bagi ponsel. Air juga musuh kamera ponsel. Apalagi saat musim hujan, bisa mengundang banyak resiko. Bagi pengendara sepeda motor, segera selamatkan ponsel dengan menyimpan di tempat yang kedap air saat hujan tiba.

11. Area Pom Bensin
Ketika memasuki lingkungan pengisian bahan bakar minyak pasti ada peringatan dilarang merokok, matikan mesin kendaraan, matikan hanphone. Apa alasan dari larangan menggunakan hanphone di area SPBU/Pom bensin? Mari kita coba bereksperimen untuk membuktikan tentang bahaya menggunakan HP di pom bensin.

Sediakan bahan-bahan dan peralatan yang diperlukan, yaitu:
1. Panci datar atau teflon.
2. Tiga lembar kartu/kertas. Misal kartu manila, tapi jangan pakai kartu kredit atau kartu ATM, maupun sim card.
3. 1 lembara aluminium foil atau kertas berlapis timah.
4. Yang pasti sediakan handphonenya.
5. Yang terakhir adalah Bensin. Bisa beli ataupun ambil dari tangki motor

Susun bahan seperti gambar di samping

Letakkan alumunium foil di atas kertas/kartu

Siramkan minyak di sekitar kartu dan kemudian gunakan HP untuk menelpon seseorang

Bensin pun terbakar dengan hebat

Dari resiko-resiko yang bisa ditimbulkan dari penggunaan ponsel, tidak berarti kita harus takut menggunakan ponsel atau tidak boleh menggunakan ponsel sama sekali. Yang bisa kita lakukan sekarang adalah bagaimana cara bijak mengurangi resiko dari bahaya penggunaan ponsel tersebut. Right?

Sumber:
- http://kaskus.co.id
- http://riyadhisalim.blogspot.com/2012/04/inilah-bahaya-menggunakan-ponsel-di.html


1 comment:

  1. Waduh, kebiasaan ane menyimpan HP di saku celana.

    ReplyDelete

JOIN US